loading...

DMCA Protected

Bagaimana Cara Membiayai Hobi yang Mahal

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesiahobi/ho·bin; kegemaran adalah kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Hobi memang identik dengan kesenangan di waktu luang, untuk mengisi kejenuhan.

Tetapi terkadang ada juga yang terjebak dengan hobi. Jebakan hobi biasanya berupa susahnya menghentikan hobi yang berakibat mengganggu pekerjaan utama dan mengganggu cash flow keuangan.

Traveling bersama keluarga menikmati keindahan Gunung Bromo di Jawa Timur.
Traveling bersama keluarga termasuk salah satu hobi mahal

Agar tidak terkena jebakan hobi yang mengganggu keuangan, sebaiknya memiliki cara agar hobi tidak mengganggu keuangan meskipun mahal.

Meskipun bukan orang kaya, ternyata beberapa hobi saya dikategorikan hobi yang mahal. Hobi yang paling mahal adalah ternyata traveling, kemudian fotografi, amatir radio, dan bersepeda.

Fotografi adalah hobi yang mahal
Harga peralatan fotografi cukup mahal.
Mungkin ada yang bertanya, bagaimana cara membiayai hobi yang mahal ?. Yang pasti, tentunya tidak mungkin hobi dibiayai dari uang gaji, karena tentunya gaji untuk keperluan utama rumah tangga. Artinya harus punya tips dan trik yang jitu untuk membiayai hobi yang mahal.

Nah, berdasarkan pengalaman, berikut ini adalah cara membiayai hobi yang mahal agar tidak memgganggu keuangan rumah tangga.

Menabung
Ini adalah masalah klise dan klasik. Memang agak susah untuk memulai menabung. Tetapi harus dimulai perubahan mindset dalam menabung.

Sejak sekarang, mulailah menabung dengan target tabungan per bulan. Jangan menabung dari sisa uang pengeluaran rutin. Anggaplah menabung sebagai pengeluaran rutin bulanan.

Dengan cara menabung ketat, akan dapat dengan cepat terkumpul simpanan uang untuk membiayai hobi.

Menghasilkan uang dari hobi
Beberapa hobi sebenarnya dapat menghasilkan uang yang cukup lumayan. Pernah ada suatu acara di TV lokal yang membahas keluarga yang memiliki hobi traveling. Mereka ternyata bisa menghasilkan uang dari hobi traveling.

Menurut saya, traveling dan fotografi merupakan hobi yang potensial menghasilkan uang. Dari pengalaman traveling yang dilengkapi foto bagus dari hobi fotografi dapat dijadikan bahan tulisan yang tentunya dapat menghasilkan uang yang lumayan.

Melakukan hobi secara simultan
Saya ketika ada kesempatan, biasanya mengambil cuti beberapa hari bersamaan dengan waktu liburan anak-anak. Saya menikmati hobi traveling, fotografi, dan bersepeda secara simultan.

Ketika pulang, selain pikiran fresh, akan ada banyak bahan untuk menulis artikel dan stok foto yang bisa dimanfaatkan kemudian hari.

Sewa peralatan
Hobi fotografi memerlukan banyak sekali gear yang sangat berbeda tergantung kondisi. Tetapi jangan khawatir, karena sekarang ini sedang tumbuh usaha sewa peralatan fotografi.

Dengan menyewa peralatan fotografi akan sangat mengurangi budget pengeluaran untuk  hobi fotografi

Meminjam peralatan dari sesama hobiis
Ketika bergabung dengan sesama hobiis, biasanya suka sharing peralatan yang digunakan. Sebagai contoh, bagi yang suka radio amatir, ketika bergabung dengan ORARI, biasanya ketika membutuhkan peralatan bisa saling pinjam untuk sementara waktu.

Membeli alat pendukung hobi barang bekas
Membeli barang bekas (babe) adalah alternatif terakhir. Hobi bersepeda menurut saya masih aman membeli part atau sepeda bekas, karena secara visual masih bisa terlihat barang masih bagus atau sudah rusak.

Tetapi saya tidak menyarankan untuk membeli barang elektronik bekas, terutama peralatan radio amatir. Saya masih berfikiran kalau barang yang dijual di forum itu tidak semuanya bagus. Bahkan ada kemungkinan memang barang yang bermasalah.

Jadi harus pintar-pintar memilih barang elektronik bekas.

Jadi itulah cara membiayai hobi yang mahal tanpa mengganggu stabilitas keuangan rumah tangga. Jika ada pembaca yang memiliki tips lain, silahkan jangan ragu untuk menuliskan di komentar ya.

Selamat menikmati hobi.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...