loading...

DMCA Protected

Selamat Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional diperingati setiap tangal 2 Oktober. Pada Hari Batik Nasional, setiap lapisan masyarakat mulai dari pegawai pemerintah, pegawai BUMN, hingga pelajar dihimbau untuk memakai batik.

Mengenakan batik pada Hari Batik Nasional
Mengenakan batik pada Hari Batik Nasional

Penetapan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional sejak ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO.

UNESCO telah secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Meskipun demikian, pengakuan batik sebagai warisan budaya Indonesia oleh dunia, tidak dengan mudah diperoleh. Batik sempat hampir ditinggalkan oleh masyarakat, termasuk generasi muda. Hingga akhirnya, batik hampir saja diklaim oleh Malaysia.

Ketika itu masyarakat menjadi sadar, bahwa batik adalah warisan leluhur yang harus dilestarikan. Menghadapi persoalan itu, Pemerintah Indonesia mengajukan batik sebagai warisan budaya ke UNESCO.

Nah, dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional, hari ini sejak pagi terlihat banyak sekali orang mengenakan batik dengan motif yang beragam. Karena memang saat ini, batik telah menjadi bagian sehari-hari kehidupan masyarakat Indonesia. Model batik juga sudah beragam dan mengikuti trend fashion kekinian.

Gaya ke sekolah di Hari Batik Nasional
Gaya ke sekolah di Hari Batik Nasional

Warna batik juga tidak hanya identik dengan coklat dan hitam, sekarang ini telah berkembang berbagai kombinasi warna-warna lain seperti ungu, merah, hijau hingga kuning, yang sejalan dengan trend mode.

Selamat Hari Batik Nasional.

2 comments:

  1. Wah, saya malah sering lupa kalau hari ini Hari Batik Nasional. Mungkin perlu sosialisasi lebih gencar ya

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...