loading...

DMCA Protected

Belajar Sejarah ke Site Museum Taman Purbakala Cipari

Selain dikenal luas sebagai kabupaten konservasi, ternyata Kabupaten Kuningan menyimpan banyak pesona wisata budaya dan peninggalan sejarah. Salah satunya adalah Taman Purbakala Cipari. Taman Purbakala Cipari telah ditetapkan sebagai benda cagar budaya.

Benda cagar budaya adalah kekayaan budaya yang sangat penting artinya bagi pemahaman dan pengembangan sejarah ilmu pengetahuan dan kebudayaan sehingga perlu dilindungi dan dilestarikan demi pemupukan kesadaran jadi diri bangsa dan kepentingan nasional.

Site Museum Purbakala Cipari menyimpan banyak koleksi yang memiliki nilai penting bagi sejarah ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Itulah makanya perlu belajar sejarah ke site Museum Taman Purbakala Cipari.

Site Museum Taman Purbakala Cipari
Site Museum Taman Purbakala Cipari

Pada mulanya, Situs Cipari yang sekarang dikenal sebagai Site Museum Taman Purbakala Cipari adalah tanah milik perorangan. Menurut Pak Maman, pemandu Taman Purbakala Cipari, awalnya di sekitar Situs Cipari tidak nampak adanya monumen atau artepak yang mencirikan kepurbakalaan.

Pintu gerbang Site Museum Taman Purbakala Cipari
Pintu gerbang Site Museum Taman Purbakala Cipari

Baru pada tahun 1971, Pak Wijaya, salah satu pemilik tanah menemukan sejenis batuan yang mirip yang pernah dipamerkan di Gedung Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur. Selanjutnya informasi dan hasil temuan Pak Wijaya ini dilanjutkan dengan penelitian dan penggalian percobaan yang dilakukan oleh Pak P. Djatikusumah. Hasilnya ditemukan peti kubur batu, kapak batu, gelang batu dan gerabah.

Penemuan ini kemudian dilaporkan ke Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional di Jakarta. Selanjutnya dilakukan penelitian dan penggalian yang menghasilkan banyak artepak dan benda peninggalan sejarah lainnya.

Situs Purbakala Cipari
Situs Purbakala Cipari

Altar batu di Situs Purbakala Cipari
Altar batu di Situs Purbakala Cipari

Peti batu di Situs Purbakala Cipari
Peti batu di Situs Purbakala Cipari

Peti kubur batu di Situs Purbakala Cipari
Peti kubur batu di Situs Purbakala Cipari

Batu menhir di Situs Purbakala Cipari
Batu menhir di Situs Purbakala Cipari
Penemuan kapak batu, kapak perunggu, gelang, lumpang, dan sejenisnya adalah hal yang memang biasa ditemukan di sebuah situs purbakala. Yang menarik di Situs Purbakala Cipari adalah ditemukannya Lampu Delepak.

Lampu Delepak adalah lampu penerangan yang dibuat dari tanah liat dengan bahan bakar dari getah pinus. Hal ini menarik karena dengan adanya lampu, artinya penduduk ketika malah hari telah mendapat penerangan yang cukup.

Lampu Delepak dari tanah liat dengan bahan bakar getah pinus
Lampu Delepak dari tanah liat dengan bahan bakar getah pinus

Bagi yang akan berkunjung ke Site Museum Taman Purbakala Cipari sangat mudah, karena jaraknya hanya sekitar 3 km dari pusat kota Kuningan.

Alamat Site Museum Taman Purbakala Cipari berada di Jl. Museum Purbakala Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Koordinat Site Museum Taman Purbakala Cipari tepatnya berada pada titik S6.962052, E108.469380.

Untuk memudahkan menemukan lokasi Site Museum Taman Purbakala Cipari, dapat dilihat pada Google Maps berikut.


Sayang sekali, nampaknya keberadaan museum dan situs budaya Cipari ini masih kurang mendapat perhatian pengunjung. Nampaknya belum banyak pengunjung yang datang ke situs Purbakala Cipari.

Semoga dengan adanya event tahunan Festival Gunung Ciremai, dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung dan belajar sejarah ke site museum Taman Purbakala Cipari Kuningan.

***semua foto menggunakan kamera hp Asus Zenfone 2***

2 comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...