loading...

DMCA Protected

Kenapa Berita HOAX Sangat Cepat Menyebar ?

Belakangan ini, atau mungkin sejak ada media sosial, sering ada kosa kata baru yaitu hoax. Menurut Wikipedia, arti kata hoax adalah sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut palsu.

Berita hoax terbaru yang sedang trending topic di media sosial adal beredarnya foto terbaru serpihan pesawat Lion Air JT610 yang kecelakaan di Tanjung Karawang. Selain itu juga beredar berita hoax tentang korban selamat dari kecelakaan pesawat Lion Air JT610.

Berita hoax tersebut beredar di medsos dan grup-grup whatsapp. Lalu kenapa berita hoax begitu sangat cepat menyebar ?.

Ilustrasi pesawat Lion Air yang akan landing di Bandara Adi Soetjipto-Yogyakarta
Ilustrasi pesawat Lion Air yang akan landing di Bandara Adi Soetjipto-Yogyakarta

Meskipun ada tim siber penangkal berita hoax, tetap saja berita bohong terus menyebar. Terkadang, berita hoax menjadi sesuatu yang diyakini kebenarannya.

Meskipun segala bentuk penyalahgunaan informasi di media sosial sudah banyak yang diadukan ke aparat penegak hukum (APH) tetap saja berita hoax terus banyak bermunculan silih berganti, seolah menyesuaikan dengan trending topic di mesin pencarian.

Berdasarkan pengamatan di beberapa grup whatsapp, penyebaran berita hoax memang biasanya bersumber dari seseorang atau beberapa orang yang memang hobi menyebarkan informasi. Informasi apa saja tanpa saringan.

Penyebar berita hoax ini tidak dibatasi oleh tingkat pendidikan, status sosial, atau apapun. Memang ada kalanya ada seseorang yang memang ingin diakui keberadaan sebagai orang yang dianggap serba tahu. Jadi dia akan berusahan menyebarluarkan info terbaru apapun yang sedang menjadi trending topic.

Nah, di situlah permasalahannya. Menurut saya, cara menyikapi maraknya peredaran berita hoax, adalah mengerem untuk tidak berusaha menyebarluaskan informasi apapun yang belum dipastikan kebenarannya.

Saya kira kalau setiap orang sudah berusaha mengerem, berita hoax tidak akan cepet menyebar.

Intinya adalah jangan ikut menyebarkab berita HOAX.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Loading...