Mengenal Pohon yang Mudah Tumbang - Eri Anggoro Kasih

Mengenal Pohon yang Mudah Tumbang

Pada peralihan musim seperti sekarang ini, memang biasanya terjadi hujan deras yang disertai angin kencang. Angin kencang berpotensi membahayakan jika menyebabkan pohon tumbang, meskipun kejadian pohon tumbang bisa saja tiba-tiba tanpa terkena angin kencang.

Sebenarnya apa penyebab pohon tumbang ?. Yang pasti, pohon yang sehat dan alami tidak akan tumbang dalam kondisi normal.

Pohon tua yang lapuk berpotensi tumbang.
Pohon tua yang lapuk berpotensi tumbang.

Maka dari itu, ketika musim hujan seperti sekarang ini, hati-hati dan waspada-lah berkendara ketika melewati pohon besar. Selain itu juga, sebaiknya tidak berteduh di bawah pohon besar ketika hujan, karena selain bahaya terkena pohon tumbang juga berpotensi terkena sambaran petir.

Pohon besar yang rindang dan berbunga sebenarnya akan membuat nyaman dan indah jalan. Jalanan yang rindah dan penuh bunga tentunya akan  mengurangi stress pengendara. Yang pasti pada umumnya orang belum terpikir masalah intangible value keberadaan pohon di lingkungan.
Jalan mulus yang dihiasi pohon besar dan rindang sangat membuat nyaman berkendara
Jalan mulus yang dihiasi pohon besar dan rindang sangat membuat nyaman berkendara

Pohon Bungur yang indah dapat mempercantik kota.
Pohon Bungur yang indah dapat mempercantik kota.

Apa itu intangible value ?. Intangible value pohon sederhananya adalah manfaat pohon yang tidak dapat dinilai dengan uang. Manfaat pohon yang belum dapat dinilai dengan uang diantaranya adalah manfaat ekologis berupa supply oksigen dan pengatur tata air dan sebagainya.

Tetapi berdasarkan pengalaman, sebagian besar orang kota itu lebih dominan merasa takut akan keberadaan pohon besar di sekitar mereka. Malah ketika saya sempat bekerja di pertamanan, banyak sekali permintaan menebang pohon sehat dan tidak membahayakan menurut perhitungan saya.

Menurut saya, ada 2 faktor penyebab pohon tumbang. Faktor pertama adalah memang pohon sudah tua dan lapuk atau membusuk atau mati berdiri. Dan Faktor kedua adalah memang ada beberapa jenis pohon mudah tumbang dan patah.

Kita bahas faktor penyebab pohon tumbang satu demi satu.

Penyebab pertama pohon tua, lapuk, busuk atau mati berdiri
Pohon tua adalah suatu keniscayaan, tetapi setua apa sih pohon yang membahayakan ?. Sebenarnya dalam kondisi normal tanpa ganguan, pohon bisa tumbuh dan hidup sampai berumur ratusan tahun. Coba lihat pohon besar dan rimbun di Kebun Raya Bogor, umurnya mencapai ratusan tahun.

Yang diperlukan adalah antisipasi petugas yang berwenang mengecek kondisi kesehatan pohon. Harus ada yang memetakan keberadaan pohon berikut kondisinya. Sekarang ini kan sudah ada aplikasi GIS yang free di Google Playstore untuk pemetaan sederhana.

Apabila sudah dipetakan dan diawasi dengan ketat dan tetap tumbang, mungkin ada faktor eksternal yang menyebabkan pohon tumbang.

Penyebab eksternal pohon tumbang biasanya dikarenakan tajuk pohon tidak simetris akibat pemangkasan yang tidak seimbang. Biasanya karena terkena pemangkasan yang menghalangi jaringan listrik atau telepon atau utilitas lainnya.

Pohon mati berdiri juga biasanya karena faktor eksternal. Pohon mati berdiri bisa disebabkan karena tersambar petir, tertabrak kendaraan atau ada yang mematikan (dibakar akarnya, vandalisme, disiram oli atau air aki, ada yang meneres).

Selain itu juga akar pohon yang terhalang jaringan utilitas seperti drainase, galian kabel, PDAM, atau jalan menyebabkan pertumbuhan akar tidak sempurna. Pertumbuhan akar tidak sempurna ini juga mengakibatkan pohon mudah tumbang.

Penyebab kedua adalah jenis pohon tertentu mudah tumbang
Pohon yang ditanam di pinggir jalan, biasanya agar cepat besar ditanam bukan dari biji. Biasanya dari stek. Pohon apapun hasil stek biasanya pertumbuhan batang dengan akar tidak seimbang. Perakaran belum terlalu kuat tetapi batang sudah tumbuh besar dan tinggi. Pohon hasil stek biasanya tidak memiliki akar tunggang, sehingga tidak begitu kuat menahan beban angin.

Selanjutnya memang pohon jenis-jenis tertentu mudah tumbang atau patah. Biasanya pohon yang memiliki biji berkeping tunggal, tidak memiliki akar tunggang (hanya akar serabut) sehingga perakaran kurang kuat dan tidak aman ditanam di perkotaan.

Jenis pohon tertentu, berdasarkan pengalaman, mudah sekali tumbang. Jenis pohon yang mudah tumbang atau patah biasanya adalah pohon : asam koranji, kersen, flamboyan,  dan akasia.

Saran saya, tidak usah membabat semua pohon besar, tetapi kenali pohon yang mudah tumbang. Pelihara pohon yang masih ada agar bisa berumur ratusan tahun dan sehat.
Mengenal Pohon yang Mudah Tumbang Mengenal Pohon yang Mudah Tumbang Reviewed by Ghost Ships on 1:01:00 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Powered by Blogger.