Menghadiri Bedah Buku Raptor Tahura Djuanda

Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda Bandung adalah sebuah kawasan pelestarian hutan alam untuk koleksi tumbuhan dan atau hewan yang alami maupun bukan alami, baik jenis asli maupun tidak asli, yang dimanfaatkan untuk kepentingan umum. Salah satu keunikan Tahura Djuanda Bandung adalah memiliki species Anggrek terkecil di dunia.

Launching dan bedah buku Raptor Tahura Djuanda
Launching dan bedah buku Raptor Tahura Djuanda

Keistimewaan lain Tahura Djuanda Dago Bandung adalah juga merupakan habitat berbagai jenis Raptor. Hal ini disebabkan karena kondisi hutan Tahura Djuanda masih terjaga ekosistemnya.

Raptor adalah terminologi lain dari komunitas burung pemangsa (bird of prey). Pada umumnya, raptor memiliki ciri bentuk tubuhnya sangat kuat karena diperlukan untuk menerjang mangsa dengan kecepatan dan akurasi yang baik.
.
Pada pertengahan bulan Oktober setiap tahunnya, terjadi fenomena migrasi Raptor melintas langit Tahura Djuanda. Migrasi raptor ini oleh masyarakat setempat biasanya digunakan sebagai pertanda akan datangnya awal musim hujan. Raptor yang bermigrasi ini, sebagian juga tinggal sementara untuk mencari makan dan berkembang biak di Tahura Djuanda.

Karena fenomena unik migrasi raptor ini, maka Lianda Lubis dan Sungsang Suprapto berinisiatif untuk menulis buku Raptor Tahura Djuanda. Buku Raptor Tahura Djuanda ini berisi catatan panjang dalam bentuk dokumentasi foto. Foto dokumentasi ini dikumpulkan penulis selama menelusuri keberadaan raptor (burung pemangsa) di Taman Hutan Raya Djuanda Ir. H. Djuanda Bandung.

Buku Raptor Tahura Djuanda diterbitkan oleh Yayasan Landas Pundak Raksasa yang bekerja sama dengan Taman Hutan Raya Djuanda Ir. H. Djuanda Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

Buku Raptor Tahura Djuanda
Buku Raptor Tahura Djuanda

Hal menarik dari buku ini adalah lengkapnya dokumentasi foto berbagai jenis raptor dan tambahan foto flora dan fauna yang berada di Tahura Djuanda Bandung. Kualitas foto sangat baik dari segi teknik fotografi dan estetika sehingga memberikan gambaran yang jelas pada setiap pembaca buku ini.

Beruntung saya berkesempatan mendapat undangan untuk hadir pada launching dan bedah buku Raptor Tahura Djuanda, sehingga mendapatkan 1 buah bukunya secara gratis.

Terima kasih Pak Lianda Lubis dan Pak Sungsang Suprapto, semoga buku ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang keberadaan ragam jenis raptor yang ada di kawasan Tahura Djuanda Bandung. Informasi dalam buku ini juga dapat digunakan juga sebagai bahan referensi dan promosi keberadaan raptor di kawasan Tahura Djuanda Bandung.
Menghadiri Bedah Buku Raptor Tahura Djuanda Menghadiri Bedah Buku Raptor Tahura Djuanda Reviewed by Ghost Ships on 6:20:00 AM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Powered by Blogger.