Mengenal Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor

Ada yang pernah beli kendaraan bermotor second ?. Jika ada yang pernah, sudah dipastikan nama yang tertera di STNK kendaraan bermotor tersebut adalah pemilik lama. Nah, proses selanjutnya adalah harus balik nama kendaraan bermotor tersebut.

Mengenal Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor
Mengenal Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor

Apa sih balik naama kendaraan bermotor ?.

Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau lebih kita kenal dengan istilah BBNKB adalah penyerahan Hak Milik Kendaraan Bermotor sebagai akibat perjanjian dua pihak atau perbuatan sepihak atau keadaan yang terjadi karena jual beli, tukar menukar, hibah, warisan, atau pemasukan ke dalam Badan Usaha.

Ada 2 jenis BBNKB yaitu, BBNKB I dan BBNKB II. BBNKB I adalah BBN apabila membeli kendaraan baru dari dealer. Sedangkan BBNKB II adalah apabila membeli kendaraan bekas/second.

Jika membeli kendaraan bekas, kita diberikan waktu 30 hari untuk melakukan Balik Nama dari pemilik lama menjadi nama kita sebagai pemilik baru.

Apabila BBN lebih dari 30 hari, maka akan dikenakan sanksi berupa denda sebesar 25% .

Nah, untuk tertib administrasi kendaraan bermotor, segera lapor dan Balik Nama-kan kendaraan yang baru dibeli agar nyaman dan aman karena kendaraan sudah nama sendiri 🤗.
Mengenal Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Mengenal Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Reviewed by Eri Anggoro Kasih on 1:00:00 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Powered by Blogger.