Highlight Jalur Pendakian Gunung Ciremai

Gunung Ceremai yang seringkali secara salah kaprah disebut Gunung Ciremai adalah gunung api tertinggi di Jawa Barat. Elevasi Gunung Ciremai yang mencapai 3.078 m dpl menjadi pesona para pendaki untuk didaki.

Gunung Ciremai dilihat dari Lakeside Cafe Cibeureum
Gunung Ciremai dilihat dari Lakeside Cafe Cibeureum

Menurut informasi, nama Gunung Ciremai berasal dari kata Cereme (Phyllanthus acidus). Cereme adalah tumbuhan perdu berbuah kecil dengan rasa masam. Karena banyaknya tempat di Jawa Barat memakai awalan ci dalam penamaan tempat, Gunung Ceremai seringkali disebut Gunung Ciremai.

Pengelola Gunung Ciremai saat ini adalah Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC). Gunung Ciremai memiliki luas hampir 15 ribu hektar. Dengan luasnya Gunung Ciremai, memungkinkan memiliki jalur pendakian yang lebih dari satu.

Bagi kalangan milenial yang selalu mencari pengalaman baru, termasuk wisata petualangan, eksplorasi, perjalanan darat (road trips) ke tempat-tempat baru dan berburu foto yang instagramable, mendaki Gunung Ciremai adalah sebuah tantangan tersendiri.

Turis milenial ini memberikan dampak yang baik untuk promosi pariwisata. Karena mereka sangat aktif traveling dan tentunya meng-upload fotonya ke berbagai media sosial. Media sosial di era milenial adalah sarana promosi yang paling ampuh.

Nah, bagi yang akan mendaki Gunung Ciremai, untuk mengetahui jalur pendakiannya, berikut ini adalah highlight jalur pendakian Gunung Ciremai berdasarkan publikasi di instagram BTNGC.

1. Pendakian Gunung Ciremai jalur Palutungan
Jalur pendakian Gunung Ciremai Palutungan
Jalur pendakian Gunung Ciremai Palutungan

2. Pendakian Gunung Ciremai jalur Linggajati
Jalur pendakian Gunung Ciremai Linggajati
Jalur pendakian Gunung Ciremai Linggajati

3. Pendakian Gunung Ciremai jalur Linggasana
Jalur pendakian Gunung Ciremai Linggasana
Jalur pendakian Gunung Ciremai Linggasana

4. Pendakian Gunung Ciremai jalur Apuy
Jalur pendakian Gunung Ciremai Apuy
Jalur pendakian Gunung Ciremai Apuy

Masing-masing jalur pendakian Gunung Ciremai itu memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang landai tetapi jauh dan ada yang dekat tetapi curam. Keputusan memilih jalur pendakian tergantung kesiapan fisik dan tentunya tantangan yang ingin dicapai.

Untuk informasi pendakian Gunung Ciremai dapat menghubungi Balai Taman Nasional Gunung Ciremai di Jl. Raya Cirebon Kuningan KM. 9 No. 1, Jalaksana, Kuningan. Atau bisa membuka instagram resmi BTNGC https://www.instagram.com/gunung_ciremai/.

Jadilah pendaki yang bijak. Selamat mendaki Gunung Ciremai.
Highlight Jalur Pendakian Gunung Ciremai Highlight Jalur Pendakian Gunung Ciremai Reviewed by Ghost Ships on 8:30:00 AM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Powered by Blogger.