Liburan Singkat ke Semarang Nyoba Tol Ciperna-Bawen

Kami sekeluarga memang sudah jauh-jauh hari ingin mencoba liburan ke Semarang. Pilihan liburan ke Semarang karena memang kami sebelumnya belum pernah mengunjungi. Hal ini karena waktu tempuh dari Tasikmalaya ke Semarang cukup lama, perkiraan sekitar 12-14 jam.

Nah, setelah beberapa bulan lalu mencoba trip singkat ke Batu dan Malang nyobain tol Solo-Kertosono, kali ini kami ingin mencoba ruas tol trans Jawa yang lain, yaitu ruas Tol Ciperna-Semarang-Bawen.

Gerbang Tol Kalikangkung-Semarang
Gerbang Tol Kalikangkung-Semarang

Berdasarkan perhitungan menggunakan google maps, jarak tempuh Tasikmalaya-Bawen sekitar 364 km dan dapat ditempuh dalam waktu 6 jam 30 menit lewat tol Ciperna-Semarang-Bawen.

Ilustrasi perjalanan tol Ciperna-Semarang-Bawen dapat dilihat pada google maps berikut.


Perkiraan waktu tempuh Gerbang Tol Ciperna ke Gerbang Tol Bawen hanya 3 jam saja ternyata. Cukup singkat untuk dapat week end di Semarang.

Kondisi tol ruas Ciperna-Semarang-Bawen sangat nyaman untuk memacu mobil sampai 140 km/jam sekalipun, tetapi patuhi rambu batas kecepatan maksimal di jalan tol cukup 100 km/jam saja ya hehehe.

Kekurangan ruas tol Ciperna-Semarang-Bawen ini adalah masih sedikitnya rest area jalan tol. Untuk mengantisipasinya, usahakan bahan bakar penuh ketika masuk ruas tol dan membawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup.

Sebagai gambaran, tarif tol Ciperna-Kalikangkung, kami membayar Rp 211.000. Dengan konsumsi bahan bakar Rp 285.000.
Pemandangan tol Ciperna-Semarang, imdah tetapi gersang.
Pemandangan tol Ciperna-Semarang, imdah tetapi gersang.

Tol Ciperna-Semarang, kondisi mulus dan sepi, gersang banget.
Tol Ciperna-Semarang, kondisi mulus dan sepi, gersang banget.

Alasan mengunjungi Semarang adalah selain kami belum pernah berkunjung, juga ternyata banyak obyek wisata menarik di Semarang. Obyek wisata dalam kota Semarang yang menarik selain wisata kuliner tentunya juga ada : Masjid Agung Jawa Tengah, Kota Tua Semarang, Lawang Sewu, Klenteng Sam Po Kong, Pagoda AvalokitesvaraMuseum Rekor Dunia IndonesiaOld City 3D Trick Art Museum Semarang, dan masih banyak lagi yang lainnya

Tetapi karena kami pergi liburan bersama si Bungsu saja, diputuskan untuk liburan ke arah Bawen saja. Tujuan utama liburan ke Semarang kali ini adalah mengunjung Saloka Theme Park di Salatiga.

Kami menginap di Banaran9 Resort Hotel, alasan menginap di sini adalah karena ini merupakan kawasan agrowisata yang memiliki fasilitas outbond lengkap dan pemandangan yang indah. Rawa Pening terlihat indah di pagi hari dari lobby hotel, cuma sayang sekali kondisinya sedang kurang airnya karena kemarau.

Selain itu juga kami dapat menikmati kopi Banaran yang terkenal. Lokasi resort memang berada di kebun kopi dan memiliki banyak pohon buah-buahan, yang ternyata kami bisa mencoba memetik buahnya.

 Dengan waktu tempuh yang singkat dan banyaknya pilihan obyek wisata, liburan ke Semarang menggunakan tol Ciperna-Semarang-Bawen dapat dijadikan alternatif yang menarik.
Liburan Singkat ke Semarang Nyoba Tol Ciperna-Bawen Liburan Singkat ke Semarang Nyoba Tol Ciperna-Bawen Reviewed by Ghost Ships on 9:17:00 AM Rating: 5

1 comment:

  1. Seru banget rasanya sekarang udah banyak tol yang memudahkan perjalanan.

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Powered by Blogger.